Mahasiswa Thailand: Beauty, Sexuality and Fashion

Keunikan budaya sebuah bangsa umumnya dapat dilihat dari bagaimana cara berpakaian mereka didepan umum.  Hal inilah yang kami temukan di Bangkok menyusuri sudut-sudut kota ini. Aturan tentang penggunaan seragam pada mahasiswa di masing-masing universitas. Terlebih dalam cara berpakaian warga atau dalam hal ini siswa Bangkok sangat jauh berbeda dengan dinegeri kita.

IMG-20140701-01384

1404202863579

Persoalan “minimalisme” berpakaian sungguh merupakan hal lain yang tentu kurang bijak untuk diperdebatkan. Misalnya; seberapa pendek rok yang dipakai para mahasiswi, bagaimana mereka berpenampilan disaat berseragam adalah hal subyektif yang merupakan pilihan pribadi. Akan tetapi argumentasi mengapa Thailand memandang bahwa seorang mahasiswa masih membutuhkan pakaian seragam adalah hal yang perlu digali lebih dalam. Terlebih sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi di dunia barat dan bahkan di Indonesia

Melalui pengamatan dan beberapa sumber bacaan setidaknya ada beberapa alasan mengapa mahasiswa Thailand harus memakai seragam.

Ternyata alasan pertama, adalah semua mahasiswa Thailand mencintai seragam siswa. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan Suan Dusit pada 14-17 September tahun 2013 menunjukkan bahwa 94,4% dari 1.293 mahasiswa Bangkok berpikir bahwa seragam mereka “diperlukan” untuk menjaga ketertiban dan identitas mereka; 70,96% berpikir mereka harus menghadiri kelas dengan mengenakan seragam.

Alasan kedua, adalah seragam mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa. Saya yakin sebagian besar mahasiswa Thailand tidak pernah berpikir tentang kelas sosial yang berbeda antara rekan-rekan mereka saat mereka menggunakan seragam. Secara psikologis, ketimpangan tentu akan melintasi pikiran Anda, bahkan jika salah satu teman sekelas Anda mengendarai BMW ke kampus atau turun oleh sopir keluarga dalam serangkaian Benz S-class, sedang Anda mengambil bus non-AC. Padahal tidak selayaknya mahasiswa berfikir tentang hal tersebut, tetapi membangun persahabatan tanpa memandang perbedaan kelas.

Alasan ketiga, Seragam mengajarkan mahasiswa tentang disiplin, tugas, tradisi, menghargai dan menghormati. Itu mungkin terdengar dan diharapkan dari pakaian putih dan hitam yang sederhana, tetapi memiliki kedalaman dan keluasan makna. Belajar untuk berpakaian sama dengan mengajarkan disiplin (berpikir versi kompleks). Sebuah rasa kewajiban ditanamkan dalam mengapresiasi bahwa meskipun pada beberapa hari Anda mungkin tidak merasa seperti mengenakan pakaian yang sama seperti orang lain, itu tugas Anda untuk melakukannya (seperti memakai pakaian kerja dan sepatu bukan hanya celana pendek dan sandal jepit untuk pergi untuk bekerja).Akan tetapi melalui seragam pewarisan tradisi telah dibelajarkan oleh orang yang lahir sebelum mahasiswa ini, dan sekaligus penghormatan mereka terhadap institusi saat mengenakan seragam mahasiswa. Mereka percaya bahwa dengan seragam maka akan terbangun kebanggaan terhadap tradisi dan institusi, sekaligus kesopanan serta rasa rendah hati.

Alasan keempat, Seragam mengingatkan mahasiswa Thailand identitas nasional yang membedakan peran mereka dengan komponen profesi lain yang ada di negaranya. Mengingatkan mereka pada peran utama mereka diantara profesi-profesi lain yang ada di Thailand. Pikirkan betapa mudahnya untuk menjadi bingung dan lupa siapa diri Anda ketika semua jenis orang di negara Anda juga memakai seragam: polisi, perwira militer, perawat, pegawai Bank,pekerja kantor, penjaga keamanan, cleaning wanita kantor, pilot, pramugari , pelayan dan pelayan, kolektor ongkos bus, sopir taksi atau profesi-profesi lain yang berseragam. Meski secara warna para mahasiswa ini hampir tidak bisa dibedakan dengan pegawai baru yang sedang magang, tetapi keberadaan hiasan seperti untuk pin universitas dan ikat pinggang, dan dalam beberapa kasus seperti dasi, dan sebagainya membangun ciri tersendiri.

IMG-20140701-01379

Alasan kelima, Seragam mengingatkan mahasiswa Thailand akan identitas nasional mereka yang unik dan turun temurun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s